Cara Trading Saham untuk Pemula

trading saham bagi pemula

Di jaman sekarang banyak sekali orang yang mencari informasi seputar cara trading saham yang kian di gandrungi masyarakat Indonesia.

Trading saham memang sebaiknya tidak di anjurkan untuk seorang investor pemula, karena bermain trading saham membutuhkan skil dan kemampuan khusus untuk mendapatkan keuntungan.

Namun, bukan berarti bagi anda seorang pemula dan ingin ikut trading saham tidak memiliki kesempatan untuk meraup cuan yang banyak dari situ, karena dengan perkembangan yang ada, anda bisa memulai trading saham dengan nilai investasi yang kecil.

Jika dulu seseorang yang ingin trading saham, maka membutuhkan 10.000.000 rupiah untuk memulainya, dan saat ini untuk trading saham bisa di mulai dengan harga puluhan ribu rupiah saja.

Dengan berinvestasi di trading saham dengan mulai kecil, untuk pemula tentunya akan meminimalisir kerugian besar, karena memang untuk trader pemula sebaiknya memulai berinvestasi sebaiknya dengan modal yang kecil.

Cara Awal untuk Trading Saham Bagi Pemula

Trading saham merupakan sebuah investasi yang dilakukan dalam waktu yang pendek, hitungan menit, hari hingga minggu.

Lihat Juga : Penjelasan Tentang Halal atau Haramnya Forex

Ya, keputusan yang tepat, maka bisa mendapatkan hasil yang tepat, untung atau ruginya ketika membeli dan menjual saham.

  1. Berinvestasi Modal Kecil

Seperti yang telah disebutkan diatas, untuk saat ini anda bisa memulai berinvestasi dengan modal kecil, dan ini merupakan peluang yang bagus untuk anda mulai sebelum memulai berinvestasi dengan modal yang besar.

Kenapa berinvestasi dengan modal kecil ? karena trading saham memiliki resiko yang tinggi, tidak semua orang bisa atau cocok melakukan trading saham, dan ketika sudah menemukan cara yang tepat, baru anda bisa memulai berinvestasi dengan modal yang lebih besar.

  1. Pelajari Pergerakan Saham

Mulailah untuk mempelajari perihal teknikal, seperti mempelajari dan memahami tentang pergerakan suatu saham tersebut akan bergerak ke arah mana.

Untuk tahap dasar jangan pliih saham ketika trendnya mulai turun, karena biasa hal tersebut disebabkan oleh trader sedang menurunkan harga sahamnya pada harga tertentu, dan biasanya pergerakannya tidak akan naik pada jangka waktu tertentu.

  1. Target Harga

 

Setelah mempelajari tentang pergerakan saham, maka untuk selanjutnya adalah dengan memulai pasang harga.

Ada beberapa point yang perlu di pelajari ketika akan memasang target harga, seperti :

  • Membeli saham ketika levelnya dekat dengan level support
  • Menjual saham ketika levelnya berada resistensi
  • Dan lavel Resistensi, dimana di level ini hindari untuk membeli saham karena memiliki potensi harga sahamnya turun ke lavel Support secara mengeruji
  1. Kenali Penurunan Saham

Adakalanya, dimana volume saham meningkat dan harga saham menguat, bisa di bilang suatu saham tersebut sedang banyak diminati, maupun di dorong oleh broker saham, dan kondisi tersebut masih memiliki petensi mengalami kenaikan.

Akan tetapi, jika harga saham tersebut turun dengan drastis, maka besar kemungkinan saham tersebut mulai di lepas investor saham dan kurang diminati pasar.

  1. Berani Cut Loss

 

Ada suatau saham yang memiliki sifatnya laris manis, atau saham “ gorengan “,  yang memiliki ciri-ciri akan mengalami ke arah penurunan.

Jika mengalami tanda-tanda seperti itu, lakukan keputusan untuk menjual saham, agar tidak mengalami Cut loss atau kerugian yang lebih besar.

Jangan ragu untuk mengambil keputusan tersebut, karena hal tersebut bisa saja merupakan keputusan yang terbaik untuk anda lakukan.

  1. Jangan paksakan Trading

Adakalanya ketika bermain trading emosi tidak stabil, entah itu sedang mengalami kerugian atau sedang mengalami keuntungan.

Karena dengan kondisi emosi yang tidak stabil seperti itu dapat mempengaruhi mengambil keputusan.

Sebaiknya stabilkan emosi terlebih dahulu agar emosi stabil, bisa bersantai, bermain atau menghibur diri agar anda bisa mengendalikan emosi dan fikiran dengan baik.

  1. Daftar Ke Perusahaan Sekuritas

Jika dan tidak belum terdaftar dan tidak menyetor dana minimum di peruhaan sekuritas, maka anda tidak bisa melakukan transaksi di bursa saham.

Anda bisa memilih daftar perusahaan sekuritas, lalu daftar dengan mengisi form yang disediakan, lalu menyetor deposit sebesar 400.000 rupiah.

Demikianlah tips kali ini seputar cara awal untuk trading saham bagi pemula agar tidak rugi dan meraup cuan yang menguntungkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *